tempat wisata paling hits di semarang

Terlengkap! Tempat Wisata di Semarang Paling Hits yang Wajib Kamu Kunjungi

Gondhes – Semarang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah dan kota metropolitan terbesar ke-5 di Indonesia. Banyak sekali aktivitas masyarakat setiap hari masyarakat yang membuatnya semakin ramai. Di akhir pekan banyak masyarakat yang ingin refreshing, melepaskan penat dengan mengunjungi tempat wisata di Semarang paling hits.

Ada banyak obyek wisata keren di sekitar Semarang, seperti; wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata keluarga dan lainnya. Semua tempat wisata tersebut menawarkan keunggulannya masing-masing.

Wisata alam sangat cocok untuk refreshing bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Tempat wisata alam identik dengan pemandangan keren dan udara yang sejuk serta romantis, banyak dijumpai di wilayah Kabupaten Semarang, atau tepatnya di lereng Gunung Ungaran.

Bagi yang ingin mempelajari sejarah Semarang, ada beberapa museum serta tempat peninggalan sejarah lainnya yang hingga kini banyak dikunjungi wisatawan. Sebut saja museum Ronggowarsito, Sam Poo Kong, atau Kota Lama. Semuanya berada di pusat kota Semarang dan bisa dikunjungi dalam waktu yang singkat.

Daftar Tempat Wisata di Semarang Paling Hits

Wisata Alam

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan salah satu obyek wisata alam di Semarang yang paling dekat dengan pusat kota. Hanya berjarak sekitar 15-20 menit saja bila ditempuh menggunakan mobil dari Simpang Lima Semarang.

Menawarkan pemandangan yang asyik untuk bersantai dan bermain di sore hari. Kamu bisa selfie dengan pemandangan khas pantai yang eksotis tanpa perlu jauh-jauh ke luar kota. Selain berfoto ria, bagi yang mengajak anak kecil bisa memberi makan Rusa dengan cara mengambil rerumputan yang ada di sekitarnya.

Pantai Marina Semarang dibuka untuk umum setiap hari, selama 24 jam. Harga tiket juga sangat murah, hanya Rp 5.000 saja per orang.

Pantai Tirang

Tempat wisata tepi laut yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Tirang yang berada di wilayah Tugurejo Semarang.

Sejarah awal dari pantai ini dulunya merupakan sebuah pulau kecil yang dinamakan Pulau Tirang. Akan tetapi abrasi laut mulai menggerus dan hingga akhirnya pulau yang eksotis tersebut lenyap bak ditelan lautan. Sekarang yang tersisa hanya garis pantai, yang dinamakan Pantai Tirang.

Harga tiket masuk ke obyek wisata Pantai Tirang hanya Rp 5.000, sangat murah bukan. Kamu bisa datang ramai-ramai bersama keluarga atau rombongan. Di sana juga ada banyak warung yang selalu siap melayani dahaga serta rasa lapar kamu setiap saat.

Waduk Jatibarang/Goa Kreo

Pemandangan yang tak kalah eksotis lainnya selain pantai, di Semarang ada Waduk Jatibarang yang di tengah-tengahnya terdapat Goa Kreo. Goa ini dihuni oleh ratusan monyet yang telah mendiami tempat ini puluhan Tahun. Konon ceritanya, mereka pernah menolong Sunan Kalijaga sewaktu mencari kayu sebagai soko guru Masjid Agung Demak.

Waduk Jatibarang Semarang ini merupakan sebuah bendungan yang baru beberapa tahun dibuat untuk mengatasi banjir yang selalu mengancam kota Semarang bila musim hujan.

Namun selain untuk mengurangi dampak banjir, waduk ini juga bisa dijadikan tempat wisata alam yang sarat akan sejarah. Di sekitar waduk banyak warga yang menyewakan rumahnya menjadi homestay murah. Spot foto awan juga menjadi salahs atu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Untuk menuju ke Waduk Jatibarang, hanya sekitar 20-30 menit dari pusat kota Semarang. Harga tiket masuk ke objek wisata ini cuma Rp 2.500.

Curug Lawe

Wisata alam air terjun Curug Lawe menawarkan suasana pegunungan yang asri dan belum banyak pencemaran. Sangat cocok bagi kamu yang suka petualangan alam liar.

Trek menuju ke lokasi air terjun Curug Lawe memang sudah berupa jalan setapak dari beton. Berjalan menyusuri kali serta jurang di sisi lainnya, mengharuskan kamu untuk selalu berhati-hati. Karena sebagian besar treknya masih alam liar, tidak disarankan bagi orang tua atau anak-anak, terlalu berbahaya.

Setiap weekend tiba, banyak remaja yang mengunjungi tempat ini, karena selain alami suasananya juga sangat romantis. Harga tiket masuk ke Curug Lawe sebesar Rp 5.000.

Curug Benowo

Curug Benowo juga merupakan wisata alam air terjun di Semarang. Letaknya bersebelahan dengan Curug Lawe, makanya banyak orang juga banyak yang menyebut Curug Lawe Benowo.

Konon menurut cerita secara turun temurun, air terjun ini pernah disinggahi oleh seorang Pangeran dari kerajaan Pajang yang bernama Benowo. Makanya dinamakan Curug Benowo. Sama-sama berada di lereng Gunung Ungaran membuat obyek wisata ini masih asri dan memiliki udara segar.

Namun, kepopuleran air terjun ini masih kalah dengan tetangganya, Curug Lawe. Hal tersebut dikarenakan akses menuju ke lokasi lebih sulit dab kurangnya informasi untuk masyarakat yang ingin berkunjung.

Untuk harga tiket masuk ke lokasi Curug Benowo Rp 5.000.

Wisata Sejarah

Lawang Sewu

Lawang Sewu, atau dalam bahasa Indonesia berarti seribu pintu, merupakan salah satu bangunan yang sangat ikonik di kota Semarang. Terletak di Tugu Muda, gedung ini dulunya adalah kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Banyak masyarakat saat ini mengenal Lawang Sewu sebagai tempat angker yang banyak dihuni oleh makhluk halus. Hal tersebut setelah digunakan sebagai lokasi uji nyali salah satu stasiun televisi swasta beberapa waktu lalu.

Saat ini Lawang Sewu telah direstorasi menjadi sangat keren, kamu bisa mengunjungi saat siang atau malam hari. Banyak spot selfie yang instagramable di sini, salah satunya di depan lokomotif tua yang ada di halaman.

Atau kamu bisa mengambil angel dari Tugu Muda dengan gedung tua tersebut sebagai backgroundnya. Cara ini adalah yang paling populer di kalangan fotografer.

Harga tiket masuk Lawang Sewu sebesar Rp 5.000 untuk anak dan pelajar, serta Rp 10.000 bagi orang dewasa.

Kota Lama

Kawasan Kota Lama dikenal dengan sebutan Little Netherland. Kota yang merupakan peninggalan masa kolonial Belanda ini mempunyai banyak bangunan kuno yang instagramable.

Berbagai sudut sering bisa menjadi spot selfie keren, terutama di depan Gereja Blenduk. Di sebelahnya ada Taman Srigunting yang juga bisa digunakan sebagai spot foto-foto.

Kamu bisa foto dengan manusia patung atau sepeda serta becak kuno dengan membayar secara sukarela.

Bagi yang suka barang-barang antik bisa mencari di Pasar Klitikan Kota Lama Semarang. Lokasinya ada di sebelah kiri Taman Srigunting. Banyak barang-barang tua yang antik dan unik dijajakan di pasar ini.

Bagi yang mau foto-foto keren lainnya bisa mengunjungi 3D Trick Art Museum. Lokasinya hanya beberapa langkah dari taman Srigunting dan Gereja Blenduk Kota Lama. Jika ingin masuk ke sana para pengunjung diwajibkan untuk merogoh kocek sebesar Rp 50.000.

Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah MAJT

Museum ini berada di berlokasi di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah, lokasi tepatnya yaitu di lantai 2 dan 3 Menara Al Husna.

Kamu bisa mempelajari sejarah perkembangan penyebaran agama Islam di Jawa Tengah tempo dulu. Di sana ada berbagai catatan sejarah perkembangan Islam, dan juga memamerkan berbagai barang peninggalan selama penyebaran agama Islam di Jawa Tengah.

Berbagai koleksi yang bisa kamu lihat di sini antara lain; Wayang Golek Menak, bermacam artefak seperti Iluminasi Al Qur’an, Wayang Sadat, Gamelan, Gayor Masjid Sunan Muria, Ornamen Dua Sisi, Ornamen Masjid Mantingan, Keramik, Koleksi Islam Awal, artefak kapal dagang serta miniatur menara Kudus.

Untuk bisa naik ke Menara Asmaul Husna, setiap orang dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.000 (pukul 08.00 – 17.30 WIB) dan Rp 4.000 (pukul 17.30 – 21.00)

Museum MURI

Museum Rekor Indonesia atau sekarang disebut Museum Rekor-Dunia Indonesia merupakan sebuah museum yang didirikan oleh Jaya Suprana. MURI ini didirikan oleh Jaya Suprana untuk menegakkan pilar-pilar kebanggaan nasional bangsa Indonesia. Hal tersebut agar bangsa Indonesia mampu serta mau menghargai karsa serta karya bangsa Indonesia, dan bukan bangsa asing.

Berada di kawasan industri Jamu Jago, Srondol ,Semarang Selatan, MURI didirikan di tanggal 27 Januari 1990. Museum ini diresmikan oleh Soepardjo Roestam sebagai Menko Kesra dan Soedomo sebagai Menko Polkam masa itu, serta disaksikan langsung oleh Ibnu Sutowo yang merupakan Katua PMI dan Gubernur Jawa Tengah, Ismail.

Untuk bisa mengunjungi Museum MURI yang berada di Banyumanik, Semarang ini pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Museum Ronggowarsito

Diresmikan yang diresmikan pada tanggal 5 Juli 1989 ini terletak di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 1, Kalibanteng Kulon, Semarang. Museum Ronggowarsito ini menyimpan berbagai warisan sejarah serta benda budaya dari Jawa Tengah.
Terdiri dari 4 gedung utama, Museum Ranggawarsita berisi benda sejarah berbeda-beda.

Pada gedung A lantai satu menyimpan berbagai wahana Geologi dan Geografi yang menampilkan beberapa macam bebatuan yang ada di bumi, ada juga meteorit yang dahulu ditemukan di daerah Mojogedang.

Gedung B menyimpan peninggalan budaya serta kerajinan masa peradaban Hindu-Budha. Ada beberapa peninggalan sejarah seperti Lingga serta Yoni, arca, kendhi, cermin perunggu, patung dewa, dan candi yang ada di Jawa Tangah.

Untuk gedung C digunakan untuk menyimpan berbagai benda bersejarah saat perjuangan melawan penjajah serta diorama perjuangan para pahlawan saat melawan musuh demi mencapai kemerdekaan.

Di Gedung D lantai satu menceritakan tantang pembangunan, numistik, heraldik, tradisi nusantara serta ruang intisari dan hibah.

Wisata Religius

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Masjid yang berdiri megah di area seluas 10 hektar ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan membutuhkan sekira 5 tahun hingga selesai.

Masjid Agung Jawa Tengah dibangun dengan gaya arsitektur campuran antara Jawa, Islam serta Romawi.

Gaya Jawa terdapat pada bangunan utama yang beratap limas yang menjadi ciri khas bangunan Jawa. Namun pada bagian ujung dilengkapi kubah besar sebagai bentuk masjid universal Islam serta satu menara yang terpisah dai bangunan masjid.

Untuk gaya Romawi, nampak pada bangunan 25 pilar seperti koloseum Athena di Romawi. Dihiasi dengan kaligrafi nan indah yang menyimbolkan ke 25 Nabi serta Rosul, terdapat dua kalimat syahadat di gerbang dan juga tulisan huruf Arab Malayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti”.

Untuk memasuki kawasan Masjid Agung Jawa Tengah ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan saja. Selebihnya, bila ingin naik ke Menara Asmaul Husna akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000 – 4.000.

Masjid Kauman Semarang

Tempat wisata religi di Semarang yang sarat akan sejarah selanjutnya adalah Masjid Agung Kauman yang terletak di sebelah Pasar Johar.

Sebagai masjid tertua di ibukota Jawa Tengah, Masjid Agung Kauman ini memiliki kaitan erat dengan sejarah berdirinya kota Semarang.

Menurut inskripsi dengan bahasa serta huruf Jawa yang ada di batu marmer tembok dalam gerbang masuk, masjid ini dibangun pada tahun 1170 Hijriah atau 1749 Masehi.

Berikut isi inskripsi yang tersembunyi di balik gerbang masjid Agung Kauman;

“Pemut kala penjenengane Kanjeng Tuwan Nikolas Harting hedelir gopennar serta sarta Direktur hing tanah Jawi gennipun kangjeng Kyahi Dipati Suradimanggala hayasa sahega dadosse masjid puniki kala Hijrat 1170”

Bila diartikan dalam bahasa Indonesia;

“Tanda peringatan ketika kanjeng Tuan Nicoolass Hartingh, Gubernur serta Direktur tanah Jawa pada saat Kanjeng Kyai Adipati Suramanggala membangun hingga jadinya masjid ini pada tahun 1170 Hijrah”

Karena ini merupakan tempat ibadah, Kamu bisa berkunjung serta berdoa di sini tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Klenteng Sam Poo Kong

Tempat wisata religius yang satu ini juga penuh dengan cerita sejarah dari masa lampau. Ini merupakan petilasan (persinggahan) serta pendaratan pertama Laksamana muslim dari negeri Tiongkok yang bernama Zheng He/Cheng Ho. Sebuah tulisan yang ditemukan berbunyi; “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an” menjadi ciri.

Letak Klenteng Sam Poo Kong ini bisa Kamu tempuh hanya sekira 10-15 menit saja karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Semarang. Setiap hari tempat wisata religi ini banyak dikunjungi warga serta wisatawan.

Banyak spot foto menarik dengan nuansa seperti film Mandarin. Kamu juga bisa mencoba meramal nasib di sini.

Patung Laksamana Cheng Ho berdiri megah di tengah dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa beliau di tempat ini. Selain itu sebuah relief yang ada di tembok juga dibuat untuk menceritakan sejarah panjang Laksamana Cheng Ho hingga ke tempat ini.

Berdasarkan informasi dari situs resminya, harga tiket masuk terbagi menjadi beberapa kategori, yakni;

  • Wisatawan lokal
    Area umum Rp 5.000
    Praying area Rp 20.000
  • Wisatawan mancanegara
    Area umum Rp 10.000
    Praying area Rp 30.000
  • Anak-anak Rp 3.000

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk Kota Lama mempunyai nama asli GBIP Immanuel Semarang, yang merupakan Gereja Kristen tertua di provinsi Jawa Tengah. Karena bentuk atapnya yang seperti kubah, maka orang sekitar menyebutnya dengan nama Blenduk.

Gereja Blenduk dibangun pada masa penjajahan Belanda di Indonesia, tepatnya tahun 1753. W. Westmaas dan H.P.A. de Wilde pernah direnovasi bangunan ini pada tahun 1894 dengan menambahkan kedua menara di depan.

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata religius dan bersejarah di Semarang ini saat siang maupun malam hari. Tidak dipungut biaya untuk dapat mengunjungi tempat ini.

Pagoda Buddhagaya Watugong

Berlokasi di depan Markas Kodam IV/Diponegoro, Vihara Buddhagaya Watugong merupakan tempat wisata religius sekaligus tempat ibadah bagi umat Buddha di Semarang. Meskipun sebagai tempat ibadah, tapi Pagoda Watugong ini boleh dikunjungi oleh masyarakat umum untuk tujuan wisata.

Pada awalnya, Vihara Avalokitesvara ini dibangun sebagai tempat ibadah. Namun, karena bentuk bangunan dan arsitekturnya yang unik khas etnik Tiongkok serta Thailand, maka pada akhirnya Vihara ini juga dikembangkan sebagai obyek wisata.

Kamu bisa berselfie di beberapa spot untuk mendapatkan hasil foto terbaik yang bisa diupload di sosial media.

Untuk masuk ke lokasi ini kamu tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi harus tetap tenang ya, karena ini adalah tempat ibadah jadi tidak boleh terlalu ribut.

Wisata Keluarga

Kebon Binatang Mangkang

Berada di batas kota Semarang – Kendal, Kebun Binatang Mangkang bisa menjadi salah satu tujuan wisata keluarga di Semarang. Berwisata sambil mengenalkan anak-anak dengan dunia binatang.

Berbagai jenis binatang ada di Kebun Binatang Mangkang ini, seperti; Gajah, Harimau, Banteng, Rusa, Unta, hewan reptil, berbagai jenis unggas, dll. Disediakan juga beberapa hewan untuk diajak foto, seperti misalnya ular dan kelinci. Selain itu semua, masih ada banyak wahana permainan yang disediakan pihak Kebun Binatang.

Harga tiket masuk Kebun Binatang Mangkang, Semarang hari biasa sebesar Rp 5.000 dan Rp 7.500 untuk Sabtu – Minggu serta hari libur nasional.

Taman Mini Jawa Tengah (Maerokoco)

Taman Mini Jawa Tengah atau Maerokoco terletak di dekat pintu gerbang bandara Ahmad Yani Semarang. Di tempat wisata ini bisa ditemui berbagai rumah adat dari seluruh Jawa Tengah, sehingga disebut Taman Mini Jawa Tengah.

Namun sebagai tempat wisata yang terdapat anjungan berbagai kabupaten dan kota di Jawa Tengah ini kurang populer saat ini.

Justru sekarang yang jadi hits adalah wisata hutan Mangrove. Tempatnya yang sangat instagramable, menjadikannya tujuan populer di kalangan remaja dan keluarga.

Sangat cocok dikunjungi pada sore hari untuk jalan-jalan santai bersama keluarga sambil berfoto ria. Di sana kamu juga bisa menikmati bermain perahu, dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

Kalau merasa haus atau lapar, ada juga cafe yang menawarkan makanan dan minuman pengganjal perut.

Untuk harga tiket masuk Puri Maerokoco per orang hanya dikenai Rp 10.000 saja.

Water Blaster

Obyek wisata keluarga yang satu ini tentunya sangat disukai oleh semua orang, apalagi anak-anak. Di hari biasa maupun hari libur, Water Blaster yang merupakan waterpark pertama dan terlengkap di Semarang ini sangat ramai pengunjung.

Berbagai wahana air yang lengkap seperti water slide, slide race, family slide disajikan untuk memberikan keseruan maksimal bersama keluarga, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Fasilitas yang lengkap, seperti; race cafe, blaster shop, food court, gazebo, dan lainnya menjadikan tempat ini cocok sebagai tujuan bersama keluarga di Semarang.

Buka setiap hari, HTM Water Blaster di weekdays sebesar Rp 60.000 dan weekend sebesar 80.000.

Waterpark Semawis

Tempat wisata keluarga di Semarang yang satu ini tidak berbeda dengan Water Blaster, yaitu sebuah waterpark dengan berbagai fasilitas lengkap.

Berada di Jl. Semawis Raya No. 1, Waterpark Semawis ini bisa dijangkau sekitar 15-20 menitan saja dari pusat kota Semarang.

Di sini juga ada banyak kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa dengan berbagai kedalaman serta permainan.

Sangat cocok buat kamu yang mau nyenengin anak atau keponakan dengan bermain air sepuasnya.

Harga tiket masuk Waterpark Semawis termasuk murah mengingat fasilitas yang ada, yakni; RP 15.000 – Rp 20.000 untuk hari biasa kecuali Kamis, dan Rp 25.000 untuk weekend atau hari libur nasional.Wisata malam

Wisata Malam Semarang

Simpang Lima Semarang

Bagi kamu yang ingin suasana berbeda, bisa berwisata malam di Semarang. Ada banyak wisata malam yang menyuguhkan hiburan menarik di kota Semarang, salah satunya adalah Simpang Lima.

Simpang Lima adalah sebuah lapangan yang berada di pusat kota Semarang, disebut juga Lapangan Pancasila. Menjadi pertemuan antara lima jalan yang menyatu, yaitu; Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Pahlawan, Jl. Gajahmada, serta Jl. Ahmad Dahlan.

Pada malam hari, Simpang Lima Semarang akan sangat ramai sepeda hias dengan kelap-kelip berbagai lampu warna-warni. Kamu bisa menyewanya untuk mengelilingi Lapangan Pancasila.

Bagi pengunjung dari luar kota, berfoto di depan tulisan Simpang Lima yang menyala bisa menjadi sesuatu yang tak terlupakan.

Kota Lama Semarang

Selain menjadi tempat wisata sejarah, Kota Lama juga menyajikan hiburan menarik di malam hari yang menjadikannya tujuan wisata malam terbaik di Semarang.

Sorot lampu jalan dan lampu di Taman Srigunting akan memberikan warna tersendiri pada setiap jepretan foto yang kamu ambil.

Dengan latar kota tua dan temaram cahaya bisa menjadikan setiap bidikan kamera terlihat bernuansa vintage keren yang siap dipamerkan di Instagram.

Taman Menteri Supeno

Taman Menteri Supeno atau biasa disebut Taman KB ini bisa menjadi tujuan wisata di Semarang pada malam hari yang tak kalah kerennya. Biasanya mulai sore menjelang malam banyak masyarakat sudah meramaikan tempat ini.

Ada arena skate board buat kamu yang suka dengan olahraga adrenalin. Bagi yang mencari suasana romantis bisa bercengkerama di sekitar kolam ikan dengan iringan gemericik air mancurnya.

Di malam hari, sekitar Taman Menteri Supeno ini banyak penjual kuliner khas Semarang yang wajib untuk dicoba, seperti; Tahu Gimbal dan Nasi Kucing favorit para remaja.

Pasar/Waroeng Semawis

Bagi kamu penyuka kuliner dan wisata malam, Pasar/Waroeng Semawis bisa menjadi pilihan tepat menghabiskan malam. Digelar di sepanjang Gang Warung, Pecinan, kota Semarang, setiap akhir pekan banyak sekali masyarakat berkunjung ke sini.

Aneka sajian kuliner di Pasar/Waroeng Semawis dibuat dengan konsep tenda. Kamu bisa berburu berbagai macam kuliner khas Semarangan di sini. Dibuat seperti layaknya pasar tradisional tempo dulu, masyarakat yang berkunjung ke sini dilarang membawa masuk kendaraannya, alias jalan kaki. Semua kendaraan diparkir di luar kawasan Pasar Semawis. Dengan demikian membuat tempat wisata malam Semarang ini wajib kamu kunjungi.

But, by the way, anyway, busway… Pasar Semawis ini hanya diadakan setiap weekend saja ya, yaitu; Jumat, Sabtu dan Minggu.

Taman Tabanas

Taman Tabanas terletak di daerah Semarang atas, tepatnya di tanjakan Gombel menuju ke arah Banyumanik. Menawarkan pemandangan kota Semarang dari dataran tinggi di malam hari tentunya akan menjadi hiburan tersendiri.

Sebagai salah satu tujuan tempat wisata malam di Semarang, di Taman Tabanas ada cafe untuk yang menyajikan makanan serta minuman sebagai teman saat menikmati Semarang di malam hari.

Semilir angin malam serta kerlip lampu kota menjadikan tempat ini terasa romantis bila mengajak pacar atau gebetan.

Nah, itu dia beberapa objek wisata yang ada di pusat kota Semarang yang patut untuk dikunjungi. Jarak antar tempat wisata tersebut tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh dalam beberapa menit saja. Daftar di atas adalah tempat wisata pilihan yang paling populer dan paling hits saja. Masih ada banyak lagi tempat wisata di Semarang yang bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi.

Tempat wisata mana di Semarang yang ingin kamu kunjungi sekarang?

Summary
Terlengkap! Tempat Wisata di Semarang Paling Hits yang Wajib Kamu Kunjungi
Article Name
Terlengkap! Tempat Wisata di Semarang Paling Hits yang Wajib Kamu Kunjungi
Description
Tempat wisata di Semarang paling hits yang wajib dikunjungi siang maupun malam hari. Beserta daftar lengkap tempat wisata di Semarang.
Author
Publisher Name
Gondhes
Publisher Logo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *